ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
(APKG – PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA :
....................................................................
N I M :
....................................................................
TEMPAT MENGAJAR :
....................................................................
KELAS :
....................................................................
MATA PELAJARAN : ....................................................................
WAKTU :
....................................................................
TANGGAL :
....................................................................
PETUNJUK
Baca
dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh
guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat
dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
1.
Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan tujuan/ indikator
perbaikan pembelajaran
Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran
yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki.
Merumuskan tujuan khusus/ indikator
perbaikan pembelajaran
2.
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu pembelajaran),
dan sumber belajar.
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
pembelajaran
Menentukan dan mengembangkan alat bantu
perbaikan pembelajaran
Memilih sumber belajar
3.
Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran
Menyusun langkah-langkah perbaikan
pembelajaran
Menentukan alokasi waktu perbaikan
pembelajaran
Menentukan cara-cara memotivasi siswa
Menyiapkan pertanyaan
4.
Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
Menentukan penataan ruang dan fasilitas
belajar
Menentukan cara-cara pengorganisasian
siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran
5.
Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian perbaikan
pembelajaran.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian
Membuat alat-alat penilaian dan kunci
jawaban
6.
Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
Kebersihan dan kerapian
Penggunaan bahasa tulis
|
1 2 3 4 5
Rata-rata butir 1 = A
Rata-rata butir 2 = B
Rata-rata butir 3 = C
Rata-rata butir 4 = D
Rata-rata butir 5 = E
Rata-rata butir 6 = F
|
Nilai
APKF 1 = R
R =
............................................
Pembimbing
/ Penguji I
..................................
NIP.
ALAT PENILAIAN LAPORAN – PKP
(APL – PKP)
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA :
....................................................................
N I M :
....................................................................
TEMPAT MENGAJAR :
....................................................................
KELAS :
....................................................................
MATA PELAJARAN :
....................................................................
WAKTU :
....................................................................
TANGGAL :
....................................................................
A.
Pendahuluan
Kompetensi
yang dikembangkan melalui mata kuliah PKP adalah kemampuan melaksanakan
perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mencapai
kemampuan tersebut mahasiswa diwajibkan berlatih melaksanakan PTK dalam rangka
perbaikan pembelajaran di kelasnya sendiri. Selama melaksanakan PTK di kelas
mahasiswa dibimbing oleh supervisor/guru pamong dari sekolah tempat mahasiswa
mengajar. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah PKP dinilai dari laporan
perbaikan pembelajaran PKP dan ujian praktik mengajar.
B. Pedoman Penskoran
Pedoman
Penilaian Laporan PKP berikut ini untuk menilai laporan PKP.
VARIABEL/DESKRIPTOR
|
Skor Maks
|
Nilai
|
I. PENDAHULUAN
|
22
|
|
A.
Latar belakang Masalah
|
|
|
|
2
|
|
-
Ada tetapi tidak jelas dan tidak
logis (0,5)
|
|
|
-
Ada dan jelas tetapi tidak logis
(1)
|
|
|
-
Ada, jelas dan logis
|
|
|
|
7
|
|
a.
Adanya informasi tentang :
|
|
|
1)
data/hal-hal yang terkait dengan
masalah pembelajaran (2)
|
|
|
2)
alasan pemilihan masalah yang
akan diatasi PTK :
|
|
|
a)
logis dan jelas (2)
|
|
|
b)
kurang logis dan kurang jelas
(1)
|
|
|
b.
Mencantumkan identifikasi
masalah
|
|
|
-
Proses identifikasi masalah
jelas dan logis (2)
|
|
|
-
Proses identifikasi masalah
kurang jelas dan kurang logis (1)
|
|
|
c.
Mencantumkan informasi tentang
pihak yang membantu (1)
|
|
|
|
5
|
|
a.
Menyampaikan proses analisis
masalah
|
|
|
-
Proses analisis logis dan jelas
(2)
|
|
|
-
Menyampaikan faktor-faktor
penyebab munculnya masalah (2)
|
|
|
b.
Ada teori dan/atau pengalaman
yang relevan mendukung penyebab munculnya masalah (1)
|
|
|
VARIABEL/DESKRIPTOR
|
Skor Maks
|
Nilai
|
B.
Rumusan Masalah
|
3
|
|
-
Rumusan masalah jelas dan benar
(2)
|
|
|
-
Masalah berkaitan dengan latar
belakang (1)
|
|
|
C.
Tujuan Penelitian Perbaikan
Pembelajaran
|
3
|
|
-
Ada, rumusan jelas, logis dan
bermakna (3)
|
|
|
-
Ada, rumusan jelas dan logis (2)
|
|
|
D.
Manfaat penelitian perbaikan
pembelajaran
|
2
|
|
-
Ada dan berkontribusi nyata
terhadap pembelajaran (2)
|
|
|
-
Ada dan tidak berkontribusi
nyata terhadap pembelajaran (1)
|
|
|
II. KAJIAN PUSTAKA
|
7
|
|
-
Ada, relevan, terkini,
sistematis, rinci dan jelas (7)
|
|
|
-
Ada, relevan, terkini,
sistematis dan jelas (5)
|
|
|
-
Ada, relevan dan terkini (3)
|
|
|
-
Ada dan relevan (1)
|
|
|
III. PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
|
30
|
|
A.
Subjek Penelitian
|
3
|
|
-
Mencantumkan lokasi; nama
sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu (2)
|
|
|
-
Waktu pelaksanaan logis
(pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk masing-masing siklus sesuai
dengan jadwal pelajaran di sekolah (1)
|
|
|
B.
Dekripsi per siklus
|
|
|
1.
Rencana
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Ada, rinci, jelas dan logis (3)
|
|
|
-
Ada, rinci dan jelas (2)
|
|
|
-
Ada (1)
|
|
|
2.
Pelaksanaan
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pengamatan/pengumpulan
data/instrumen
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Refleksi
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
|
24
|
|
A.
Deskripsi per siklus
|
10
|
|
-
Ada data tentang rencana,
pelaksanaan, pengamatan, refleksi (4)
|
|
|
-
Ada paparan tentang keberhasilan
dan kegagalan (4)
|
|
|
-
Penjelasan lengkap dengan data
(2)
|
|
|
VARIABEL/DESKRIPTOR
|
Skor Maks
|
Nilai
|
B.
Pembahasan dari setiap siklus
|
14
|
|
-
Temuan sesuai dengan data yang
diolah, jelas, dan rinci untuk setiap siklus (14)
|
|
|
-
Temuan sesuai dengan data yang
diolah, jelas, tetapi tidak rinci untuk setiap siklus (10)
|
|
|
-
Temuan sesuai dengan data yang
diolah tetapi kurang kelas dan tidak rinci untuk setiap siklus (7)
|
|
|
V. KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
|
8
|
|
A.
Kesimpulan
|
5
|
|
-
Kesimpulan sesuai dengan
permasalahan dan temuan (3)
|
|
|
-
Kesimpulan disajikan dengan
jelas (2)
|
|
|
B.
Saran Tindak Lanjut
|
3
|
|
-
Saran dan tindak lanjut sesuai
dengan kesimpulan (1)
|
|
|
-
Saran yang diajukan jelas dan
logis (1)
|
|
|
-
Tindak lanjut yang diajukan
dapat dilaksanakan (operasional) (1)
|
|
|
VI. BAHASA
|
7
|
|
-
Pilihan kata tepat (1)
|
|
|
-
Struktur kalimat lugas dan baku
(2)
|
|
|
-
Paragraf merupakan satu keutuhan
(3)
|
|
|
-
Penulisan sesuai dengan EYD (1)
|
|
|
VII. KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA
|
2
|
|
-
Kutipan relevan dengan masalah
(1)
|
|
|
-
Cara mengutip mengikuti aturan
tertentu (1)
|
|
|
Skor
Total
|
100
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar