Proposal, Surat, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Promes, Skripsi, Makalah, perjanjian

Minggu, 04 Desember 2016

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
(APKG – PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA   : ....................................................................
N I M                                            : ....................................................................
TEMPAT MENGAJAR               : ....................................................................
KELAS                                         : ....................................................................
MATA PELAJARAN                  : ....................................................................
WAKTU                                       : ....................................................................
TANGGAL                                  : ....................................................................
     
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :

1.      Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan tujuan/ indikator perbaikan pembelajaran
Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki.
Merumuskan tujuan khusus/ indikator perbaikan pembelajaran


2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar.
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran
Menentukan dan mengembangkan alat bantu perbaikan pembelajaran
Memilih sumber belajar



3.      Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran
Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran
Menentukan cara-cara memotivasi siswa
Menyiapkan pertanyaan



4.      Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran

5.      Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban


6.      Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
Kebersihan dan kerapian
Penggunaan bahasa tulis



            1          2          3          4          5

 






Rata-rata butir 1 = A





 







Rata-rata butir 2 = B



 










Rata-rata butir 3 = C



 





Rata-rata butir 4 = D



 






Rata-rata butir 5 = E

 




Rata-rata butir 6 = F


Nilai APKF 1 = R
R =  



                                                                                         ............................................
                                                                                            Pembimbing / Penguji I




                                                                                              ..................................
                                                                                      NIP.

ALAT PENILAIAN LAPORAN – PKP
(APL – PKP)
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU/MAHASISWA   : ....................................................................
N I M                                            : ....................................................................
TEMPAT MENGAJAR               : ....................................................................
KELAS                                         : ....................................................................
MATA PELAJARAN                  : ....................................................................
WAKTU                                       : ....................................................................
TANGGAL                                  : ....................................................................


A.    Pendahuluan
Kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah PKP adalah kemampuan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa diwajibkan berlatih melaksanakan PTK dalam rangka perbaikan pembelajaran di kelasnya sendiri. Selama melaksanakan PTK di kelas mahasiswa dibimbing oleh supervisor/guru pamong dari sekolah tempat mahasiswa mengajar. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah PKP dinilai dari laporan perbaikan pembelajaran PKP dan ujian praktik mengajar.

B.     Pedoman Penskoran
Pedoman Penilaian Laporan PKP berikut ini untuk menilai laporan PKP.

VARIABEL/DESKRIPTOR
Skor Maks
Nilai
I. PENDAHULUAN
22

A.    Latar belakang Masalah


  1. Mencantumkan latar belakang Masalah
2

-          Ada tetapi tidak jelas dan tidak logis (0,5)


-          Ada dan jelas tetapi tidak logis (1)


-          Ada, jelas dan logis


  1. Identifikasi masalah
7

a.       Adanya informasi tentang :


1)      data/hal-hal yang terkait dengan masalah pembelajaran (2)


2)      alasan pemilihan masalah yang akan diatasi PTK :


a)      logis dan jelas (2)


b)      kurang logis dan kurang jelas (1)


b.      Mencantumkan identifikasi masalah


-          Proses identifikasi masalah jelas dan logis (2)


-          Proses identifikasi masalah kurang jelas dan kurang logis (1)


c.       Mencantumkan informasi tentang pihak yang membantu (1)


  1. Analisis Masalah
5

a.       Menyampaikan proses analisis masalah


-          Proses analisis logis dan jelas (2)


-          Menyampaikan faktor-faktor penyebab munculnya masalah (2)


b.      Ada teori dan/atau pengalaman yang relevan mendukung penyebab munculnya masalah (1)




VARIABEL/DESKRIPTOR
Skor Maks
Nilai
B.     Rumusan Masalah
3

-          Rumusan masalah jelas dan benar (2)


-          Masalah berkaitan dengan latar belakang (1)


C.     Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
3

-          Ada, rumusan jelas, logis dan bermakna (3)


-          Ada, rumusan jelas dan logis (2)


D.    Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran
2

-          Ada dan berkontribusi nyata terhadap pembelajaran (2)


-          Ada dan tidak berkontribusi nyata terhadap pembelajaran (1)


II. KAJIAN PUSTAKA
7

-          Ada, relevan, terkini, sistematis, rinci dan jelas (7)


-          Ada, relevan, terkini, sistematis dan jelas (5)


-          Ada, relevan dan terkini (3)


-          Ada dan relevan (1)


III. PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
30

A.    Subjek Penelitian
3

-          Mencantumkan lokasi; nama sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu (2)


-          Waktu pelaksanaan logis (pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk masing-masing siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah (1)


B.     Dekripsi per siklus


1.      Rencana
7

  1. Adanya penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan/ alternatif perbaikan (2)


  1. Tindakan/alternatif perbaikan yang relevan dengan masalah (2)


  1. Langkah-langkah perbaikan


-          Ada, rinci, jelas dan logis (3)


-          Ada, rinci dan jelas (2)


-          Ada (1)


2.      Pelaksanaan
10

  1. Adanya informasi tentang prosedur pelaksanaan PTK (1)


  1. Prosedur pelaksanaan PTK disampaikan secara logis (2)


  1. Adanya informasi tentang pengamat (1)


  1. Adanya informasi tentang tugas pengamat/supervisor (1)


  1. Adanya informasi tentang prosedur pembelajaran (2)


  1. Prosedur umum pembelajaran jelas dan rinci (3)


3.      Pengamatan/pengumpulan data/instrumen
4

  1. Instrumen tepat (2)


  1. Data sesuai dengan masalah, lengkap (2)


4.      Refleksi
6

  1. Menemukan kekuatan dan kelemahan suatu tindakan perbaikan pembelajaran (4)


  1. Menemukan kekuatan atau kelemahan diri dalam merancang dan melakukan suatu tindakan perbaikan pembelajaran (2)


IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
24

A.    Deskripsi per siklus 
10

-          Ada data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan, refleksi (4)


-          Ada paparan tentang keberhasilan dan kegagalan (4)


-          Penjelasan lengkap dengan data (2)




VARIABEL/DESKRIPTOR
Skor Maks
Nilai
B.     Pembahasan dari setiap siklus
14

-          Temuan sesuai dengan data yang diolah, jelas, dan rinci untuk setiap siklus (14)


-          Temuan sesuai dengan data yang diolah, jelas, tetapi tidak rinci untuk setiap siklus (10)


-          Temuan sesuai dengan data yang diolah tetapi kurang kelas dan tidak rinci untuk setiap siklus (7)


V. KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
8

A.    Kesimpulan
5

-          Kesimpulan sesuai dengan permasalahan dan temuan (3)


-          Kesimpulan disajikan dengan jelas (2)


B.     Saran Tindak Lanjut
3

-          Saran dan tindak lanjut sesuai dengan kesimpulan (1)


-          Saran yang diajukan jelas dan logis (1)


-          Tindak lanjut yang diajukan dapat dilaksanakan (operasional) (1)


VI. BAHASA
7

-          Pilihan kata tepat (1)


-          Struktur kalimat lugas dan baku (2)


-          Paragraf merupakan satu keutuhan (3)


-          Penulisan sesuai dengan EYD (1)


VII. KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA
2

-          Kutipan relevan dengan masalah (1)


-          Cara mengutip mengikuti aturan tertentu (1)


Skor Total
100


Tidak ada komentar:

Posting Komentar