Proposal, Surat, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Promes, Skripsi, Makalah, perjanjian

Minggu, 11 Desember 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS IX GANJIL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       :  SMP Negeri 2 Kerjo
Mata Pelajaran      : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester    : IX / 1 (Ganjil)

STANDAR KOMPETENSI  : 3. Melakukan pengelolaan dan penyajian data
KOMPETENSI DASAR        : 3.2. menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis dan lingkaran
ALOKASI WAKTU               : 2 Jam Pelajaran

A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran selesai Peserta didik diharap dapat :
1. Menyajikan data tunggal dlm bentuk tabel diagram batang, garis & lingkaran
2. Membaca diagram suatu data.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.  MATERI PEMBELAJARAN

1. Diagram Batang
  
Diagram batang adalah cara menyajikan data dalam bentuk batang-batang. Tiap batang lebarnya sama, sedangkan tinggi batang menyatakan frekuensi dari data yang bersangkutan.
Untuk membuat diagram batang diperlukan sumbu mendatar dan sumbu tegak yang berpotongan tegak lurus. Sumbu mendatar (horisontal) menunjukkan jenis kategorinya, sedangkan sumbu tegak (vertikal) menunjukkan frekuensinya. Skala sumbu mendatar tidak harus sama dengan skala sumbu tegak. Letak batang yang satu dengan yang lain dibuat terpisah.
Contoh :
Selama satu tahun
Jumlah gol
 
Frekuensi
0
1
2
3
4
5
6
7
4
6
6
3
0
1








2.  Diagram Lingkaran
Penyajian data juga dapat dilakukan dengan menggunakan lingkaran. Daerah lingkaran menggambarkan keseluruhan data. Data disajikan dengan menggunakan juring atau sektor, di mana besar sudut pusat dari juring sesuai dengan perbandingan setiap data terhadap keseluruhan data.
Contoh :
Dalam suatu kelas terdapat 60 siswa. Tiap siswa wajib memilih jenis kegiatan esktrakurikuler. Adapun datanya adalah siswa memilih basket, 17 siswa memilih voli, 24 siswa memilih PMR (Palang Merah Remaja), dan 4 siswa memilih pramuka. Buatlah diagram lingkaran dari pemilihan ekstrakurikuler siswa tersebut !
Jawab :
Sebelum membuat diagram lingkaran, kita mencari sudut pusat untuk tiak juring terlebih dahulu.
Jenis Ekstrakurikuler
Frekuensi
Persentase
Besar Sudut Pusat
Basket



Voli


PMR



Pramuka
15



17


24



4






           






3.  Diagram Garis
Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data yang diperoleh dari waktu ke waktu secara teratur dalam interval waktu tertentu. Diagram garis digunakan untuk mengetahui pertumbuhan/perkembangan suatu hal secara kontinu.
Contoh :
Berikut adalah nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional (UAN) suatu sekolah selama enam tahun terkahir.

Tahun
Nilai Rata-Rata
200
2001
2002
2003
2004
2005
2006
6,6
6,8
7,0
7,5
6,4
6,8
7,0

            Jawab :


C. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran: Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Apersepsi : 1. Guru mengucapkan salam
                    2. Guru menanyakan kehadiran siswa
     3. Mengingat kembali pembelajaran sebelumnya.
  4. Membahas PR yang sulit.
- Motivasi   : Kegunaan diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demonstrasi guru menunjukkan contoh-contoh diagram batang, garis, maupun lingkaran
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk membentuk kelompok 4 – 5 siswa
F Dengan berkelompok siswa mendiskusikan cara mebuat diagram batang, garis dan lingkaran dari data yang sudah ada
F Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya sedangkan kelompok lain menanggapi
F Peserta didik mengerjakan LKS, dengan alat Bantu kertas manila, penggaris, spidol warna, dan busur derajad
F Peserta didik mendiskusikan hasil mengerjakan LKS
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Guru memberikan tugas/PR

E. SUMBER BELAJAR
a. Buku  Matematika kelas IX SMP dan Mts.
b. Sumber lain yang relevan
c. Data-data pengukuran
d. Kertas berpetak/grafik


F. PENILAIAN HASIL BELAJAR

Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran.
·   Membaca diagram suatu data
Tes tertulis






Penugasan kelompok
1.Uraian





.
Proyek
·   Berikut ini data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam tahun)
    13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13. 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.
    Sajikan data di atas dalam bentuk tabel dan diagram lingkaran.
·   Carilah data jenis penyakit pada pasien puskesmas dekat sekolah dalam satu hari!
    Sajikan data tersebut dalam diagram batang.

1. sepakbola
2. renang
3. senam
4. voli
5. basket
·   Berapa persen siswa yang hobinya main sepakbola?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar