RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMP Negeri 2 Kerjo
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX /
1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 3. Melakukan pengelolaan dan penyajian data
KOMPETENSI DASAR : 3.2. menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis dan lingkaran
ALOKASI WAKTU : 2 Jam Pelajaran
A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran selesai Peserta didik diharap dapat :
1. Menyajikan data tunggal dlm bentuk tabel diagram batang,
garis & lingkaran
2. Membaca diagram suatu data.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Diagram Batang
Diagram batang adalah cara menyajikan
data dalam bentuk batang-batang. Tiap batang lebarnya sama, sedangkan tinggi
batang menyatakan frekuensi dari data yang bersangkutan.
Untuk membuat diagram batang diperlukan
sumbu mendatar dan sumbu tegak yang berpotongan tegak lurus. Sumbu mendatar
(horisontal) menunjukkan jenis kategorinya, sedangkan sumbu tegak (vertikal)
menunjukkan frekuensinya. Skala sumbu mendatar tidak harus sama dengan skala
sumbu tegak. Letak batang yang satu dengan yang lain dibuat terpisah.
Contoh :
Selama satu tahun
Jumlah gol
|
Frekuensi
|
||
0
1
2
3
4
5
6
|
7
4
6
6
3
0
1
|
2. Diagram Lingkaran
Penyajian
data juga dapat dilakukan dengan menggunakan lingkaran. Daerah lingkaran
menggambarkan keseluruhan data. Data disajikan dengan menggunakan juring atau
sektor, di mana besar sudut pusat dari juring sesuai dengan perbandingan setiap
data terhadap keseluruhan data.
Contoh
:
Dalam
suatu kelas terdapat 60 siswa. Tiap siswa wajib memilih jenis kegiatan
esktrakurikuler. Adapun datanya adalah siswa memilih basket, 17 siswa memilih
voli, 24 siswa memilih PMR (Palang Merah Remaja), dan 4 siswa memilih pramuka.
Buatlah diagram lingkaran dari pemilihan ekstrakurikuler siswa tersebut !
Jawab
:
Sebelum
membuat diagram lingkaran, kita mencari sudut pusat untuk tiak juring terlebih
dahulu.
Jenis
Ekstrakurikuler
|
Frekuensi
|
Persentase
|
Besar Sudut
Pusat
|
Basket
Voli
PMR
Pramuka
|
15
17
24
4
|
|
|
3. Diagram Garis
Diagram
garis biasanya digunakan untuk menyajikan data yang diperoleh dari waktu ke
waktu secara teratur dalam interval waktu tertentu. Diagram garis digunakan
untuk mengetahui pertumbuhan/perkembangan suatu hal secara kontinu.
Contoh
:
Berikut
adalah nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional (UAN) suatu sekolah selama enam
tahun terkahir.
Tahun
|
Nilai Rata-Rata
|
200
2001
2002
2003
2004
2005
2006
|
6,6
6,8
7,0
7,5
6,4
6,8
7,0
|
Jawab :
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran: Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian
Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Apersepsi : 1. Guru mengucapkan salam
2. Guru menanyakan kehadiran siswa
3. Mengingat
kembali pembelajaran sebelumnya.
4. Membahas PR yang sulit.
- Motivasi : Kegunaan
diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran dalam kehidupan
sehari-hari.
Kegiatan inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demonstrasi guru menunjukkan contoh-contoh diagram batang,
garis, maupun lingkaran
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk membentuk kelompok 4 – 5 siswa
F Dengan berkelompok siswa mendiskusikan cara mebuat diagram batang,
garis dan lingkaran dari data yang sudah ada
F Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya sedangkan
kelompok lain menanggapi
F Peserta didik mengerjakan LKS, dengan alat Bantu kertas manila,
penggaris, spidol warna, dan busur derajad
F Peserta didik mendiskusikan hasil mengerjakan LKS
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Guru memberikan tugas/PR
E. SUMBER BELAJAR
a. Buku Matematika
kelas IX SMP dan Mts.
b. Sumber lain yang relevan
c. Data-data pengukuran
d. Kertas berpetak/grafik
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Menyajikan data tunggal dalam
bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran.
·
Membaca diagram suatu data
|
Tes tertulis
Penugasan kelompok
|
1.Uraian
.
Proyek
|
·
Berikut ini data umur 20 siswa
SMP Bina Taruna (dalam tahun)
13, 14, 13, 16, 13, 14, 15,
16, 14, 13, 13. 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.
Sajikan data di atas dalam
bentuk tabel dan diagram lingkaran.
·
Carilah data jenis penyakit pada
pasien puskesmas dekat sekolah dalam satu hari!
Sajikan data tersebut dalam
diagram batang.
1. sepakbola
2. renang
3. senam
4. voli
5. basket
·
Berapa persen siswa yang hobinya
main sepakbola?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar