RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SMP Negeri
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX /
1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 3. Melakukan pengelolaan dan penyajian data
KOMPETENSI DASAR : 3.1. menentukan rata– rata ,median dan modus data
tunggal serta penafsirannya
ALOKASI WAKTU :2 Jam Pelajaran
A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran selesai Peserta
didik diharap dapat :
Menentukan rata-rata,median , modus data tunggal serta penafsirannya.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
MATERI PEMBELAJARAN
UKURAN PEMUSATAN
Ukuran pemusatan sekolompok data
adalah nilai atau data yang dapat mewakili sekelompok data tersebut atau sering
juga disebut rata-rata. Nilai rata-rata pada umumnya mempunyai kecenderungan
terletak di tengah-tengah dalam suatu kelompok data yang disusun terurut atau
dengan kata lain mempunyai kecenderungan memusat. Misalkan suatu data tinggi
badan beberapa siswa (dalam cm) adalah sebagai berikut :
130 140 150 150 150 155 157 160
Dari
data di atas tampah bahwa sebagian besar tinggi siswa di sekitar 150. Dengan
demikian, 150 disebut ukuran pemusatan dari data tinggi badan siswa.
Ada beberapa jenis ukuran pemusatan
(ukuran tendensi sentral), antara lain mean, modus dan median.
- Mean (Rataan
Hitung)
Mean
dari sekumpulan data adalah jumlah seluruh data dibagi banykanya data. Mean
biasanya dilambangkan dengan . Jika data terdiri atas n, yaitu x1, x2,
x3, ... xn, maka mean dari data tersebut dapat dirumuskan
sebagai berikut :
Mean
=
Contoh
:
1.
Cari mean dari 5, 7, 4, 9, 7, 6, 8, 8, 7, 5!
Jawab
:
Mean
=
=
=
2.
Tentukan mean dari data berikut!
Nilai
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Frekuensi
|
10
|
10
|
15
|
5
|
Jawab
:
Nilai
(x)
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Frekuensi
(f1)
|
10
|
10
|
15
|
5
|
Jika
data tersaji dalam bentuk tabel maka mean dapat dicari dengan cara :
Mean
=
=
=
=
3.
Nila rata-rata ulangan Matematika dari 19 siswa
adalah 65. Jika nilai Mira digabungkan dalam kelompok itu, Nilai rata-ratanya
menjadi 66. Berapa nilai ulangan Matematika Mira?
Jawab
:
Misal
nilai ulangan Mira = x
Jumlah
nilai ulangan sekarang = 19 x 65 + x = 1.23 + x.
Banyak
data sekarang = 19 + 1 = 20
Mean
terakhir =
66 =
66 x 20 =
1.235 + x
1.320 = 1.235 + x
x = 85
Jadi,
nilai ulangan matematika Mira adalah 85.
- Modus
Data
yang kalian peroleh biasanya bervariasi, ada yang muncul sekali, ada yang
muncul lebih dari sekali. Data yang paling sering muncul disebut modus.
Modus adalah data
yang paling sering muncul atau frekuensinya paling tinggi.
Contoh
:
1.
Tentukan modus dari data-data berikut!
a.
4, 6, 5, 7, 5, 8, 5, 6, 7 c. 1, 10, 7, 8, 4, 3,
5, 9
b.
1, 3, 2, 4, 2, 3, 5 d. 1, 1, 7, 7, 9, 9, 10, 10
Jawab
:
a.
Karena angka 5 muncul paling sering, yaitu 3 kali
maka modusnya adalah 5.
b.
Karena angka 2 dan 3 muncul paling sering, yaitu 2
kali maka modusnya 2 dan 3. Data yang mempunyai dua modus disebut Bimodus.
c.
Karena semua data muncul hanya 1 kali maka data
tidak mempunyai modus.
d.
Karena setiap data muncul dengan frekuensi sama
maka data tidak mempunyai modus.
2.
Tentukan modus dari data berikut!
Nilai
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Frekuensi
|
3
|
2
|
6
|
7
|
4
|
1
|
Jawab :
Frekuensi
paling tinggi ada nilai 13
- Median
Median
adalah nilai yang terletak dari data yang terurut. Jika banyak data ganjil,
median adalah nilai paling tengah dari data yang sudah diurutkan. Jika banyak
data genap, median adalah mean dari dua bilangan yang tengah setelah data
diurutkan.
Median adalah nilai
tengah setelah data terurut naik.
Contoh
:
Tentukan
median dari data berikut :
a.
4, 6, 5, 7, 5, 8, 5, 6, 7
b.
12, 13, 17, 11, 10, 15
Jawab
:
a.
Banyaknya data ganjil dan setelah diurutkan
diperoleh data sebagai berikut :
4 5 5 5 6 6 7 7 8
Empat data empat data
Median
Jadi,
mediannya adalah 6
Cara
lain adalah dengan cara data disajikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu.
Median data dapat ditentukan dengan cara berikut :
1.
Tentukan jumlah frekuensi tiap data!
2.
Median adalah nilai ke
Nilai
|
Frekuensi
|
Urutan data ke-
|
4
5
6
7
8
|
1
3
2
2
1
|
1
2, 3, 4
5, 6
7, 8
9
|
Dari
tabel diperoleh median adalah
Data
ke-
Jadi
, mediannya adalah 6
Cara
ini berlaku baik untuk n ganjil maun n genap
b.
Banyak data genap dan setelah dirutukan
diperoleh data sebagai berikut :
10 11 12 13 15 17
Dua
data dua data
Median
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran: Diskusi, Tanya
Jawab dan Pemberian Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJAN
Pendahuluan
- Apersepsi : 1.Guru
mengucapkan salam
2. Guru menanyakan
kehadiran siswa
3.Membahas PR yang sulit.
- Motivasi : 1.
Mengingkatkan kembali materi pertemuan yang telah lalu
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kegiatan
inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan kegiatan dengan menjelaskan makna mean,modus,median dari data
tunggal
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran;
F Melakukan kegiatan dengan menghitung mean,modus,median
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk duduk membentuk kelompok 4 – 5 Peserta
didik
F Meminta wakil masing-masing kelompok untuk melakukan perhitungan
dan menjelaskannya
F Membimbing kelompok dalam melakukan kegiatan pada LKS
F Meminta Peserta didik a untuk menulis hasil pengamatan dan melengkapi
LKS
F Mengecek hasil kerja kelompok dengan menunjuk salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasilnya
F Mendiskusikan hasil kerja kelompok..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Memberikan tugas rumah.
E. SUMBER BELAJAR
a. Buku Matematika untuk kelas IX SMP dan Mts.
b. Sumber lain yang relevan
c. Data-data pengukuran
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Mengumpulkan data dengan
mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.
·
Mengurutkan data tunggal,
mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
·
Menentukan rata-rata, median,
modus data tunggal serta penafsirannya.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
·
Perolehan 12 siswa adalah
seba-gai berikut.
54, 66, 72, 80,
72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76
1.Buatlah tabel
skor dengan turus.
2.Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?
·
Umur 10 siswa SD adalah sebagai
berikut.
6, 6, 10, 9, 7, 8,
10, 6, 8, 9.
a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang
terbesar
b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan yang tertua
·
Hasil ulangan 8 siswa adalah
sebagai berikut.
7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7.
a. Hitunglah rata-rata, median dan modus.
b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus tersebut?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar