Proposal, Surat, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Promes, Skripsi, Makalah, perjanjian

Minggu, 11 Desember 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS IX GANJIL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah       :  SMP Negeri
Mata Pelajaran      : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester    : IX / 1 (Ganjil)

STANDAR KOMPETENSI  : 3. Melakukan pengelolaan dan penyajian data
KOMPETENSI DASAR        : 3.1.   menentukan rata– rata ,median dan modus data tunggal serta penafsirannya
ALOKASI WAKTU                :2 Jam Pelajaran

A. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran selesai Peserta didik diharap dapat :
      Menentukan rata-rata,median , modus data tunggal serta penafsirannya.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.  MATERI PEMBELAJARAN

UKURAN PEMUSATAN
             Ukuran pemusatan sekolompok data adalah nilai atau data yang dapat mewakili sekelompok data tersebut atau sering juga disebut rata-rata. Nilai rata-rata pada umumnya mempunyai kecenderungan terletak di tengah-tengah dalam suatu kelompok data yang disusun terurut atau dengan kata lain mempunyai kecenderungan memusat. Misalkan suatu data tinggi badan beberapa siswa (dalam cm) adalah sebagai berikut :

      130      140      150      150      150      155      157      160

Dari data di atas tampah bahwa sebagian besar tinggi siswa di sekitar 150. Dengan demikian, 150 disebut ukuran pemusatan dari data tinggi badan siswa.
      Ada beberapa jenis ukuran pemusatan (ukuran tendensi sentral), antara lain mean, modus dan median.
  1. Mean (Rataan Hitung)
Mean dari sekumpulan data adalah jumlah seluruh data dibagi banykanya data. Mean biasanya dilambangkan dengan . Jika data terdiri atas n, yaitu x1, x2, x3, ... xn, maka mean dari data tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut :

Mean =
Contoh :
1.      Cari mean dari 5, 7, 4, 9, 7, 6, 8, 8, 7, 5!
Jawab :
Mean =
                  =
                  =
2.      Tentukan mean dari data berikut!
Nilai
6
7
8
9
Frekuensi
10
10
15
5

Jawab :
Nilai (x)
6
7
8
9
Frekuensi (f1)
10
10
15
5
Jika data tersaji dalam bentuk tabel maka mean dapat dicari dengan cara :
Mean =
                              =
                              =
                              =

3.      Nila rata-rata ulangan Matematika dari 19 siswa adalah 65. Jika nilai Mira digabungkan dalam kelompok itu, Nilai rata-ratanya menjadi 66. Berapa nilai ulangan Matematika Mira?
Jawab :
Misal nilai ulangan Mira = x
Jumlah nilai ulangan sekarang = 19 x 65 + x = 1.23 + x.
Banyak data sekarang = 19 + 1 = 20
Mean terakhir                    =
                               66       =
                        66 x 20      = 1.235 + x
                           1.320      = 1.235 + x
                              x          = 85
Jadi, nilai ulangan matematika Mira adalah 85.

  1. Modus
Data yang kalian peroleh biasanya bervariasi, ada yang muncul sekali, ada yang muncul lebih dari sekali. Data yang paling sering muncul disebut modus.
Modus adalah data yang paling sering muncul atau frekuensinya paling tinggi.
Contoh :
1.      Tentukan modus dari data-data berikut!
a.       4, 6, 5, 7, 5, 8, 5, 6, 7        c.  1, 10, 7, 8, 4, 3, 5, 9
b.      1, 3, 2, 4, 2, 3, 5                d.  1, 1, 7, 7, 9, 9, 10, 10
Jawab :
a.       Karena angka 5 muncul paling sering, yaitu 3 kali maka modusnya adalah 5.
b.      Karena angka 2 dan 3 muncul paling sering, yaitu 2 kali maka modusnya 2 dan 3. Data yang mempunyai dua modus disebut Bimodus.
c.       Karena semua data muncul hanya 1 kali maka data tidak mempunyai modus.
d.      Karena setiap data muncul dengan frekuensi sama maka data tidak mempunyai modus.

2.      Tentukan modus dari data berikut!
Nilai
10
11
12
13
14
15
Frekuensi
3
2
6
7
4
1

Jawab  :
Frekuensi paling tinggi ada nilai 13


  1. Median
Median adalah nilai yang terletak dari data yang terurut. Jika banyak data ganjil, median adalah nilai paling tengah dari data yang sudah diurutkan. Jika banyak data genap, median adalah mean dari dua bilangan yang tengah setelah data diurutkan.
Median adalah nilai tengah setelah data terurut naik.

Contoh :
Tentukan median dari data berikut :
a.       4, 6, 5, 7, 5, 8, 5, 6, 7
b.      12, 13, 17, 11, 10, 15

Jawab :
a.       Banyaknya data ganjil dan setelah diurutkan diperoleh data sebagai berikut :
4          5          5          5          6          6          7          7          8
 


            Empat data                                          empat data
                                            Median
Jadi, mediannya adalah 6

Cara lain adalah dengan cara data disajikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu. Median data dapat ditentukan dengan cara berikut :
1.      Tentukan jumlah frekuensi tiap data!
2.      Median adalah nilai ke

Nilai
Frekuensi
Urutan data ke-
4
5
6
7
8
1
3
2
2
1
1
2, 3, 4
5, 6
7, 8
9
Dari tabel diperoleh median adalah
Data ke-
Jadi , mediannya adalah 6
Cara ini berlaku baik untuk n ganjil maun n genap

b.      Banyak data genap dan setelah dirutukan diperoleh data sebagai berikut :
10        11        12        13        15        17

  Dua data                                  dua data
                           Median        


C. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran: Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJAN

Pendahuluan
- Apersepsi :  1.Guru mengucapkan salam
   2. Guru menanyakan kehadiran siswa                                                                                   3.Membahas PR yang sulit.
- Motivasi   :  1. Mengingkatkan kembali materi pertemuan yang telah lalu
                       2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kegiatan inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan kegiatan dengan menjelaskan makna mean,modus,median dari data tunggal
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
F Melakukan kegiatan dengan menghitung mean,modus,median
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk duduk membentuk kelompok 4 – 5 Peserta didik
F Meminta wakil masing-masing kelompok untuk melakukan perhitungan dan  menjelaskannya
F Membimbing kelompok dalam melakukan kegiatan pada LKS
F Meminta Peserta didik a untuk menulis hasil pengamatan dan melengkapi LKS
F Mengecek hasil kerja kelompok dengan menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasilnya
F Mendiskusikan hasil kerja kelompok..
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Memberikan tugas rumah.

E. SUMBER BELAJAR
a. Buku Matematika untuk kelas IX  SMP dan Mts.
b. Sumber lain yang relevan
c. Data-data pengukuran

F. PENILAIAN HASIL BELAJAR

Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.
·   Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.

·   Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.

Tes tertulis
Uraian
·   Perolehan 12 siswa adalah seba-gai berikut.
54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76
1.Buatlah tabel skor dengan turus.
2.Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?
·   Umur 10 siswa SD adalah sebagai berikut.
6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9.
a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar
b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan yang tertua
·   Hasil ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut.
7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7.
a. Hitunglah rata-rata, median dan modus.
b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar