BUKU PEDOMAN GURU
Tahun Pelajaran 2016/2017
NAMA :
NIP :
MAPEL :
PPKn SENI BUDAYA (TARI)
KELAS :
VII (TUJUH)
UNIT KERJA :
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN 2016
LEMBAR PERSETUJUAN KEPALA SEKOLAH
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
NIP :
Pangkat/Golongan :
PEMBINA / IVa
Memberi persetujuan pada guru :
Nama :
NIP :
Pangkat/Golongan :
Penata Muda Tk. I / IIIb
Jabatan :
Guru Seni Budaya
Untuk membuat
Buku Pedoman Guru Mapel Seni Budaya yang bersangkutan pada tahun pelajaran
2016/2017
Demikian
surat persetujuan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Kerjo,
21 Juli 2016
Kepala
SMP Negeri
NIP.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat
karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan Buku Pedoman Guru Tahun
Pelajaran 2016/2017.
Buku
Pedoman Guru ini berisi target kerja yang penulis harapkan dapat dilaksanakan
selama penulis melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai guru
Seni Budaya SMP Negeri 1 Kerjo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMP Negeri 1 Kerjo yang telah
mengizinkan penulis membuat Buku Pedoman Guru ini. Kepada rekan-rekan guru yang
telah memberikan bantuan, penulis sampaikan rasa terima kasih yang mendalam.
Buku
Pedoman Guru ini sudah pasti jauh dari sempurna. Karenanya, saran dan kritik
yang membangun demi penyempurnaan Buku Pedoman Guru ini akan penulis terima
dengan tangan terbuka.
,
21 Juli 2016
Penulis
NIP.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................................. i
HALAMAN PERSETUJUAN ................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ................................................................................................ iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... iv
BUKU PEDOMAN GURU ....................................................................................... 1
A.
PENDAHULUAN ................................................................................................ 1
1.
TUJUAN ......................................................................................................... 2
2.
RINGKASAN TARGET
YANG HENDAK DICAPAI .............................. 2
B.
RINCIAN RENCANA
KERJA ........................................................................... 3
1.
Rencana Kerja
Bulan Juli 2016 ........................................................................ 3
2.
Rencana Kerja
Bulan Agustus 2016 ................................................................ 4
3.
Rencana Kerja
Bulan September 2016 ............................................................ 4
4.
Rencana Kerja
Bulan Oktober 2016 ................................................................ 4
5.
Rencana Kerja
Bulan November 2016 ............................................................ 5
6.
Rencana Kerja
Bulan Desember 2016 ............................................................. 5
7.
Rencana Kerja
Bulan Januari 2017 .................................................................. 6
8.
Rencana Kerja
Bulan Februari 2017 ................................................................ 6
9.
Rencana Kerja
Bulan Maret 2017 .................................................................... 6
10. Rencana Kerja Bulan April 2017 ..................................................................... 7
11. Rencana Kerja Bulan Mei 2017 ....................................................................... 7
12. Rencana Kerja Bulan Juni 2017 ....................................................................... 8
C.
PENUTUP ............................................................................................................. 9
A. PENDAHULUAN
Berdasarkan Permenegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009
tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Bab V pasal 11 ayat c
menyatakan bahwa : untuk mengembangkan karirnya guru harus melaksanakan
Pengembangan Keprofesioan Berkelanjutan (PKB). Pengembangan keprofesian
berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai
dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.
Banyak hal yang dapat dikerjakan oleh seorang guru dalam usaha
mengembangkan profesinya. Salah satu pengembangkan keprofesian berkelanjutan
bagi guru adalah publikasi ilmiah. Salah satu karya publikasi ilmiah adalah
berupa Buku Pedoman Guru. Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang
berisi rencana kerja tahunan guru. Rencana kerja tersebut meliputi : 1) upaya
dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, 2) pelaksanaan, dan
evaluasi proses pembelajaran, 3) rencana kegiatan PKB yang akan dilakukan.
Di dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan
Angka Kreditnya, Bab VII Pasal 13 menyatakan bahwa Rincian kegiatan Guru Mata
Pelajaran sebagai berikut :
1. Menyusun kurikulum pembelajaran pada satuan pendidikan
2. Menyusun silabus pembelajaran
3. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
5. Menyusun alat ukur/soal sesuai mata pelajaran
6. Menilai dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada
mata pelajaran yang diampunya
7. Menganalisis hasil penilaian pembelajaran
8. Melaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan
dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
9. Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap
proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional
10. Membimbing guru pemula dalam program induksi
11. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuluer
proses pembelajaran
12. Melaksanakan pengembangan diri
13. Melaksanakan publikasi ilmiah, dan
14. Membuat karya inovatif
1. Tujuan penyusunan buku pedoman guru ini adalah :
a)
Sebagai pedoman
kerja guru selama setahun pada tahun pelajaran 2016/2017.
b)
Memberi gambarn
umum kegiatan atau target kinerja guru selama tahun pelajaran 2016/2017.
c)
Bagi kepala
sekolah, guru pedoman guru ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk menilai
kinerja guru.
2. Ringkasan target-target capaian yang diharapkan
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Bulan
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Mengkaji Silabus
|
Menganalisa dan mengkaji silabus; kelas VII dan membuat silabus
berdasarkan kurikulum 2013.
|
Juli
|
1 minggu
|
|
2
|
Menyusun RPP
|
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; kelas VII
|
Juli
|
2 minggu
|
|
3
|
Menyusun Prota Promes
|
Menyusun program tahunan dan program semester berdasarkan kaldik.
|
Juli
|
|
|
4
|
Menyusun KKM
|
Menyusun KKM berdasarkan daya dukung, kondisi awal (input),
kompleksitas
|
Juli
|
|
|
5
|
PELAKSANAAN PROSES KBM
|
||||
|
1. Menerapkan pendekatan saintifik
2. Menerapkan metode problem solving
|
Melaksanakan KBM dengan pendekatan saintifik dan metode problem
solving
|
Juli s.d Desember dan Januari s.d Juni
|
|
|
6
|
PENILAIAN
|
||||
|
1. Menyusun kisi-kisi
|
Menyusun kisi-kisi soal ulangan harian
|
Juli
|
1 minggu
|
|
|
2. Menyusun instrumen penilaian
|
Menyusun soal tiap KD untuk soal ulangan harian
|
Juli
|
1 minggu
|
|
|
3. Melaksanakan Analisa Butir soal
|
Menganalisis ulangan harian
|
|
|
|
|
4. Pelaksanaan penilaian
|
Melaksanakan remidi dan pengayaan
|
|
|
|
|
5. Analisa Nilai
|
Memasukkan nilai ke daftar nilai
|
|
|
|
8
|
PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN BERKELANJUTAN
|
||||
|
A. Pengembangan diri
1. Kegiatan Kolektif Guru MGMP PKn 3 x (12 pertemuan)
2. Diklat Fungsional 31-80 jam
3. Kegiatan kolektif IHT
|
Melaksanakan kegiatan kolektif guru melalui MGMP tingkat Pokja dan
Kab.
Melaksanakan kegiatan kolektif guru berupa IHT
Melaksanakan diklat fungsional kurikulum 2013.
|
|
|
|
|
B. Publikasi Ilmiah
|
||||
|
1. Membuat buku Pedoman Guru
2. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas
|
Membuat buku panduan Guru
Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melakukan seminar hasil
penelitian untuk publikasi ilmiah
|
Agustus
September s.d November
|
|
Buku pedoman guru
|
|
C. Karya Inovatif
|
Membuat bahan ajar berbasis TIK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Rincian
Rencana Kerja
Bulan :
Juli 2016
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Mengkaji Silabus
|
Menganalisa dan mengkaji silabus berdasarkan kurikulum 2013.
|
1 minggu
|
Silabus
|
2
|
Menyusun RPP
|
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; kelas VII berdasarkan
silabus dan kurikulum 2013
|
2 minggu
|
RPP
|
3
|
Menyusun Prota dan Promes
|
Menyusun program tahunan dan program semester berdasarkan kaldik.
|
1 minggu
|
Prota dan Promes
|
4
|
Menyusun KKM
|
Menyusun KKM berdasarkan daya dukung, kondisi awal (input), kompleksitas,
Urgensi
|
1 minggu
|
KKM
|
5
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran ; kelas VII Bab I : Perumusan dan
Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
2 minggu
|
RPP, Agenda guru, DH siswa
|
Bulan : Agustus
2016
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran ; kelas VII Bab I : Elemen Gerak
Tari
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa
|
2
|
Pelaksanaan Evaluasi
|
Menyusun kisi-kisi dan instrumen penilaian
|
Minggu ke-3
|
Soal ulangan harian ke 1
|
|
|
Melaksanakan ulangan harian 1
|
Minggu ke-3
|
Daftar nilai
|
|
|
Melaksanakan analisis butir soal dan penilaian
|
Minggu ke-3
|
Analisis soal
|
3
|
Program Perbaikan dan pengayaan
|
Melaksanakan program remedial/perbaikan/pengayaan
|
Minggu ke-4
|
Program Remidi + pengayaan
|
4
|
Membuat Buku Pedoman Guru
|
Menyusun buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru
|
2 minggu
|
Pengesahan dari kepala sekolah
-
buku
|
5
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama pembelajaran
|
Daftar Nilai
|
Bulan :
September 2016
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran ; Gerak tari berdasarkan ruang,
waktu dan tenaga
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa
|
2
|
Menyusun program penilaian
|
Menyusun kisi-kisi soal
Membuat analisis butir soal
|
Minggu ke-3
|
Soal ulangan harian ke 1
|
|
|
Melaksanakan ulangan harian 2
|
Minggu ke-3
|
Daftar nilai
|
3
|
Program pembelajaran /Perbaikan/ pengayaan
|
Melaksanakan program remedial/perbaikan/pengayaan
|
Minggu ke-4
|
Program Remidi + pengayaan
|
4
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama pembelajaran
|
Daftar Nilai
|
Bulan :
Oktober 2016
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran ; kelas VII Bab3 : Tari berdasarkan
level gerak tari
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa
|
2
|
Menyusun program penilaian
|
Menyusun kisi-kisi dan Membuat instrumen penilaian
|
1 minggu
|
Kisi-kisi dan instrumen penilaian
|
3
|
Ulangan tengah semester
|
Melaksanakan ulangan tengah semester
|
1 minggu
|
SK Kepsek
|
4
|
Menyusun program penilaian
|
Membuat kisi-kisi soal membuat kartu soal
|
1 minggu
|
Kisi-kisi dan instrumen penilaian
|
5
|
Menganalisis hasil ulangan
|
Membuat analisis hasil ulangan, melaksanakan remedial dan pengayaan
|
Sesudah ulangan tengah semester
|
Program dan hasil remidi dan pengayaan
|
6
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama pembelajaran
|
Daftar Nilai sikap
|
Bulan :
November 2016
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran ; kelas VII : Tingkatkan level
gerak tari
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa
|
2
|
Menyusun program penilaian
|
Menyusun kisi-kisi dan Membuat instrumen penilaian
|
1 minggu
|
Kisi-kisi dan instrumen penilaian
|
3
|
Melaksanakan penilaian
|
Melaksanakan ulangan harian 3
|
|
Instrumen penilaian
|
4
|
Menganalisis hasil ulangan
|
Membuat analisis hasil ulangan, melaksanakan remedial dan pengayaan
|
Sesudah ulangan tengah semester
|
Program dan hasil remidi dan pengayaan
|
5
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
Penilaian pengetahuan
Penilaian keterampilan
|
Selama pembelajaran
|
|
Bulan :
Desember 2016
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran ; kelas VII Bab 3 : Tingkatkan
level gerak tari
|
1 minggu
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa
|
2
|
Ulangan Bersama Semester Gasal
|
Melaksanakan ulangan bersama semester gasal
|
1 minggu
|
SK Kepsek
|
3
|
Program Perbaikan dan Pengayaan
|
Melaksanakan program remedial/perbaikan/pengayaan
|
Setelah ulangan semester gasal
|
Program remidi dan pengayaan
|
4
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama KBM
|
Daftar Nilai
|
5
|
Membuat pelaporan hasil belajar
|
Membuat pelaporan hasil belajar dalam bentuk rapor
|
1 minggu
|
Rapor
|
Bulan :
Januari 2017
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran ; untuk semester genap Bab 4 : pola
lantai pada gerak tari
|
2 minggu
|
RPP, Promes, Prota, Kalender Pendidikan, Silabus
|
2
|
Membuat alat peraga pendidikan
|
Membuat alat peraga pendidikan
|
2 minggu
|
Alat Peraga
|
3
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk semester genap, Bab 4 : Pola
lantai pada gerak tari
|
1 bulan
|
RPP, Agenda guru, daftar hadir,
agenda kelas.
|
Bulan :
Februari 2017
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran untuk semester genap, Bab 4 :
Menyusun gerak sesuai dengan pola lantai
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa, agenda kelas
|
2
|
Menyusun program penilaian
|
Membuat kisi-kisi soal
Membuat instrumen penilaian
|
1 minggu
|
Kisi-kisi dan instrumen penilaian
|
3
|
Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut
|
Melaksanakan Ulangan Harian 1 untuk kelas VII
Melaksanakan perbaikan dan pengayaan
|
2 x pertemuan
|
Instrumen penilaian
Daftar nilai program remidi dan pengayaan
|
4
|
Program perbaikan dan pengayaan
|
Melaksanakan program remedial/perbaikan/pengayaan
|
Setelah ulangan harian 1
|
Program remidi dan pengayaan
|
5
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama pembelajaran
|
Daftar nilai sikap
|
Bulan :
Maret 2017
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran untuk semester genap, Bab 5 : Menyusun
pola lantai
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa, agenda kelas
|
2
|
Menyusun program penilaian
|
Membuat kisi-kisi soal
Membuat instrumen penilaian
|
1 minggu
|
Kisi-kisi dan instrumen penilaian
|
3
|
Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut
|
Melaksanakan ulangan harian 2 untuk kelas VII
Melaksanakan perbaikan dan pengayaan
|
2 x pertemuan
|
Instrumen penilaian
Daftar nilai program remidi dan pengayaan
|
5
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama pembelajaran
|
Daftar nilai sikap
|
Bulan :
April 2017
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran untuk semester genap, Bab 5 : Gerak
tari dan iringan
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa, agenda kelas
|
2
|
Menyusun program penilaian
|
Membuat kisi-kisi soal
Membuat instrumen penilaian
|
1 minggu
|
Kisi-kisi dan instrumen penilaian
|
3
|
Ulangan tengah semester
|
Melaksanakan ulangan tengah semester
|
1 minggu
|
SK Kepsek
|
4
|
Program pembelajaran/ perbaikan/ pengayaan
|
Melaksanakan program remedial/perbaikan/ pengayaan
|
Setelah melaksanakan ulangan harian
|
Analisis soal program remidi dan pengayaan
Daftar nilai
|
5
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama pembelajaran
|
|
Bulan : Mei
2017
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran untuk semester genap, Bab 6 : Teknik
memperagakan level dan pola lantai sesuai iringan
|
1 bulan
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa
|
2
|
Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut
|
Melaksanakan ujicoba ujian nasional bagi kelas IX
|
|
|
3
|
Program ujian sekolah
|
Melaksanakan Ujian Sekolah
|
1 minggu
|
SK Kepsek
|
4
|
Program ujian nasional
|
Melaksanakan program ujian nasional
|
1 minggu
|
SK Kepsek
|
Bulan :
Juni 2017
No
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Ketr
|
1
|
Pelaksanaan KBM
|
Melaksanakan Kegiatan pembelajaran untuk semester genap, Bab 6 :
Teknik memperagakan level dan pola lantai sesuai iringan
|
2 minggu
|
RPP, Agenda Guru, DH siswa
|
2
|
Program ulangan kenaikan kelas
|
Melaksanakan program ulangan kenaikan kelas
|
2 minggu
|
|
3
|
Program perbaikan dan pengayaan
|
Melaksanakan program remedial/perbaikan/pengayaan
|
Setelah UKK
|
Program remidi dan pengayaan
|
4
|
Penilaian hasil belajar
|
Penilaian sikap
|
Selama KBM
|
Daftar Nilai
|
5
|
Membuat pelaporan hasil belajar
|
Membuat pelaporan hasil belajar dalam bentuk rapor
|
1 minggu
|
Rapor
|
6
|
Laporan hasil belajar
|
Pembagian hasil belajar siswa (rapor) kepada orang tua/wali murid
|
1 hari
|
rapor
|
C. Penutup
1. Kesimpulan
Buku ini berisi pedoman guru memuat aspek perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut
pembelajaran. Aspek tersebut diuraikan dalam Rencana Kerja Kegiatan yang
berhubungan dengan tugas pembelajaran selama satu tahun, serta rencana dan
target pengembangan keprofesioan berkelanjutan.
Ringkasan target capaian yang diharapkan dan rincian
rencana kerja yang disusun setiap bulan, hasil evaluasi diri terhadap kompetensi
guru, untuk perencanaan kegiatan PKB, disusun dalam bentuk tabel. Ringkasan
target-target capaian dan rincian kerja serta hasil evaluasi diri dapat
digunakan sebagai panduan dalam merencanakan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai
Negeri Sipil (SKP)
2. Saran
Berbagai kendala yang sering dihadapi guru dalam
merencanakan kegiatan selama satu tahun. Kendala tersebut dapat berasal dari
dalam diri guru sendiri maupun dari faktor luar. Kendala dari dalam diri guru
diantaranya ketersediaan waktu, belum sepenuhnya memahami peraturan kepegawaian
yang berkembang saat ini. Sedangkan kendala dari luar diantaranya kurangnya
informasi dari dinas pendidikan tentang program kerja yang akan dilaksanakan
terkait dengan diselenggarakan diklat, kinerja dari pengurus MGMP dalam menyikapi
peraturan yang berlaku saat ini.
Daftar Pustaka
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan
Angka Kreditnya.
Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan
Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2015
Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun
2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar